Air Terbaik Untuk Bayi Kita

Air merupakan komponen penting dari tubuh kita. Setiap fungsi tubuh bergantung pada air. Minum air putih merupakan salah satu langkah sehat dan dasar untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Oleh karena itu, para orang tua berharap agar bayi mereka dapat mulai sejak dini mempelajari kebiasaan minum air yang sehat. Tapi kapan bayi bisa minum air? Berikut beberapa tip berguna untuk memberi tahu Anda kapan kami dapat memberi makan bayi air.

Kapan Bayi Bisa Minum Air?
Para ahli percaya bahwa memberi air pada bayi bukanlah ide yang baik sebelum mereka berusia enam bulan. Bayi biasanya mendapatkan cukup cairan dari ASI atau susu formula meskipun cuaca sedang panas. Hal ini karena terlalu banyak air dapat membuat perut bayi kenyang yang terlalu lemah untuk menahan tekanan dari luar dan terlalu banyak air dapat mengurangi keinginan untuk menyusu dan mengganggu penyerapan nutrisi dari ASI. Sedikit minum air mungkin tidak melukai bayi tetapi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberi bayi air sebelum usia enam bulan. Garis waktu di bawah ini secara khusus akan menunjukkan kepada Anda kapan bayi dapat minum air.

Sejak lahir – 3 bulan
Bayi baru lahir sebaiknya tidak diberi air. Karena perutnya kecil, bayi yang baru lahir tidak boleh diberi botol berisi air, yang akan mengisi perutnya dan menggantikan ASI. Selain itu, terlalu banyak air akan mengganggu keseimbangan normal elektrolit dalam tubuh mereka dan dapat memengaruhi fungsi otak dan jantung.

Dari 4-6 bulan
Meskipun memberi air pada bayi pada usia ini tidak berbahaya, itu tidak perlu. Penelitian menunjukkan bayi yang disusui tidak membutuhkan air tambahan bahkan di tempat tropis ketika suhu dapat naik di atas 100 ° F setiap hari. Bayi yang diberi susu formula mungkin diberi air (sekitar satu ons atau bahkan dua ons) selama cuaca panas, tetapi yang terbaik adalah meminta nasihat dari dokter anak Anda. Air tidak boleh menggantikan ASI dan susu formula tidak boleh diencerkan dengan air tambahan.

Sekitar 5-7 bulan
Bayi seusia ini sudah bisa memegang benda dan bisa belajar minum cairan dari cangkir. Berikan bayi Anda sippy cup yang tidak memiliki katup agar ia dapat dengan mudah menyusu. Pilih satu yang bisa menampung 4-6 ons cairan, dan isi sampai atas sehingga bayi Anda tidak perlu memiringkan kepalanya saat menyesap. Gelas besar berisi air mungkin terlalu berat untuk digunakan bayi kecil.

Terkadang Anda mungkin disarankan untuk menggunakan air minum dari keran, tetapi untuk merebusnya terlebih dahulu. Jika demikian, pastikan air mendidih dengan baik, dan biarkan di sana setidaknya selama satu menit. Ini akan menghancurkan semua patogen di dalam air yang dapat melukai bayi Anda. Namun, jangan merebus air terlalu lama, dan jangan merebusnya lebih dari satu kali, karena hal itu dapat memusatkan kotoran dan memperburuk kondisi bayi Anda!
Beberapa perusahaan memproduksi air yang dirancang untuk digunakan dengan susu formula bayi. Air ini mengikuti pedoman yang jauh lebih ketat daripada sumber air lainnya dan disetujui oleh Badan Perlindungan Lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *