Di setiap alat listrik atau elektronik, salah satu tambahan utama adalah sakelar. Tanpa sakelar, tidak mungkin Anda dapat mengoperasikan peralatan. Setiap alat memiliki penggunaan sakelar sendiri dan memiliki tipe berbeda yang menyertainya. Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut tentang mereka dan cara memilih yang terbaik untuk alat tertentu.

Apa itu Switches?

Sakelar listrik, dengan cara yang paling sederhana, dapat dijelaskan sebagai alat yang mengatur aliran listrik dalam suatu rangkaian. Setiap alat memiliki sirkuit yang mengalirkan listrik ke alat tersebut, yang membuat alat hidup dan mati. Untuk memudahkan hidup dan mati, sakelar dipasang. Mereka bekerja pada mode biner, yaitu, itu benar-benar hidup atau mati sama sekali. Ada beberapa jenis yang bisa dipilih berdasarkan aplikasinya dan kemudahan penggunaannya.

Jenis Sakelar Populer

Ada beberapa jenis sakelar di luar sana. Di sini, mari kita bahas beberapa yang paling populer dalam kategori tersebut.

Geser: ini digunakan dalam proyek dan peralatan listrik kecil dan sederhana. Dalam hal ini, sakelar bergeser dari titik mati ke titik hidup dan sebaliknya untuk mengontrol aliran listrik.
Toggle / rocker: ini mudah dikenali sebagai salah satu yang digunakan pada switchboard rumah tangga. Ini memiliki tuas bersudut yang menjaga sakelar dalam posisi bersudut hidup dan mati.
Sakelar pintu: ini sangat umum di tempat-tempat terbatas seperti rumah sakit dan brankas. Ini melekat pada kusen pintu dan menutup dan membuka pintu bertindak sebagai on dan off atau sirkuit.
Sakelar tombol tekan: sakelar tombol tekan cukup umum pada peralatan listrik yang lebih kecil. Dalam hal ini, sakelar ditekan untuk menghidupkan dan mematikan rangkaian. Dalam beberapa kasus, tombol kembali ke posisi semula dan dalam beberapa kasus, tetap pada posisi hidup atau mati sampai ditekan lagi.
Sakelar batas: dalam hal ini, penggerak aktuator digunakan untuk mengubah cara masuk rangkaian listrik. Saat sakelar bersentuhan dengan benda bergerak, sakelar berubah dari hidup ke mati atau sebaliknya.
Sakelar tekanan: ini sangat populer di alarm keamanan dan lantai tekanan. Dalam hal ini, tekanan set fluida adalah alasan yang membuat sirkuit terbuka atau tertutup. Segera setelah tekanan tercapai, sirkuit menutup atau membuka.

Bagaimana cara memilih Switch?

Disebutkan di atas adalah beberapa sakelar umum yang digunakan dalam peralatan listrik. Namun, untuk menemukan peralihan yang baik, beberapa hal harus diingat seperti:

Jenis: hal pertama adalah memutuskan jenis sakelar yang akan digunakan. Ini dapat bergantung pada tujuan, alat, dan daya listrik yang akan diatur.
Bahan: Berhati-hatilah saat memilih sakelar, karena akan memutuskan apakah alat akan aman atau tidak. Sakelar harus terbuat dari bahan berkualitas lebih tinggi untuk menghindari kecelakaan.
Umur panjang: sakelar harus terbuat dari kualitas yang baik sehingga dapat digunakan lebih lama tanpa kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *