Jika Anda mengirim file PDF tertentu melalui internet, panduan ini akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

File PDF yang merupakan kependekan dari format dokumen portabel, adalah jenis file digital tertentu yang memungkinkan Anda mengirim konten tertentu yang dapat dibaca oleh pengguna lain terlepas dari perangkat lunak apa yang mereka gunakan untuk melihat jenis file tersebut. Agar PDF dapat beradaptasi dengan berbagai sistem tampilan, teks dan gambar file tidak dapat dengan mudah dimodifikasi setelah dikemas ke dalam format PDF. Namun bukan tidak mungkin hal ini bisa dilakukan.

Tidak masalah jika Anda menggunakan perangkat Mac atau Windows sebagai perangkat utama Anda, ada alat yang tersedia bagi Anda untuk mengedit teks dan grafik dalam dokumen yang telah diubah menjadi PDF. Anda bahkan dapat melakukan jenis perubahan ini secara online, serta mengonversi PDF kembali menjadi dokumen Microsoft Word untuk mengedit konten Anda dalam format aslinya yang dirancang.

Terlihat jelas bahwa Anda perlu menginstal program, Adobe Acrobat. Pertama, periksa apakah itu kompatibel dengan komputer Mac dan Windows yang Anda gunakan. Tidak setiap versi Adobe Acrobat memungkinkan Anda untuk mengedit file teks yang ada setelah Anda membuka dokumen Anda di program ini.

Perangkat lunak Adobe Acrobat mengkategorikan dirinya dalam Acrobat Standard dan Acrobat Pro. Perusahaan yang menawarkan tiga edisi berikut di kedua lini produk: Acrobat X, Acrobat XI, dan Acrobat DC.

Edisi di bawah ini memungkinkan untuk beberapa teks dasar dan pengeditan konten, serta kemampuan untuk mengekspor dokumen Anda ke Microsoft Word:

Acrobat XI Standard
Acrobat Standard DC
Acrobat XI Pro
Acrobat Pro DC
Acrobat Pro DC dan Acrobat Standard DC menawarkan sejumlah kemampuan pengeditan lain yang tidak ditawarkan Acrobat XI – seperti pemeriksaan ejaan otomatis, pengeditan foto tingkat lanjut, dan pengeditan dari iPad.

Acrobat adalah salah satu cara paling populer untuk mengedit file PDF online, namun itu bukan satu-satunya metode. Ada cara lain untuk mengubah file secara manual menggunakan perangkat lunak gratis yang dapat Anda unduh. Anda tidak perlu keluar dan membeli perangkat lunak Adobe termahal yang tersedia.

Sebagian besar situs pengeditan PDF lainnya membekali Anda dengan penghapus konten manual dan kotak teks / gambar baru yang dapat Anda seret dan lepas di mana saja pada halaman.

Berikut beberapa alat pengeditan online lainnya:

FormSwift: Tambahkan konten baru dan bahkan tanda tangan elektronik.
PDFescape: Tambahkan konten baru dan mulai PDF baru dari awal.
Smallpdf: Tambahkan konten baru, serta simpan PDF ke platform seperti Google Drive, Dropbox, dan bahkan Microsoft Word (lebih lanjut tentang fitur ini sebentar lagi).
Alat yang sesuai dengan PDF Anda akan bergantung pada apa yang secara khusus ingin Anda edit dan ukuran file dokumen Anda. Misalnya, karena Sejda tidak dapat menerima PDF yang lebih besar dari 50 megabyte (MB), periksa ukuran dokumen Anda dan identifikasi alat pengeditan yang kompatibel dengan PDF Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *