Dari sekian banyak bahan kain yang dipakai untuk pembuatan kerudung, kain wolfis belakangan menjadi salah satu yang difavoritkan. Di pasaran sendiri, ada dua jenis bahan wolfis yang digunakan untuk kebutuhan ini, antara lain wolfis standar dan premium. Adapun material yang dipilih untuk membuatnya adalah 100% polyester, bukan campuran sutra dan katun.

Dikenal juga sebagai woolpeach, bahan wolfis sekilas tak berbeda jauh dengan material lain. Sementara karakteristiknya sendiri sudah ideal untuk kerudung atau hijab, antara lain tak tembus pandang dan terasa halus di kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah ciri yang dapat Anda kenali dari kain wolfis.

  • Kerapatan pada serat kain

Membedakan bahan wolfis standar dengan premium akan sulit kalau Anda tak memperhatikan kerapatan pada serat kainnya. Dari segi ketebalan, kedua jenis kain ini mempunyai tebal yang sama. Satu hal yang membedakan adalah pada versi standar, bahan wolfis memiliki kerapatan serat kain yang lebih renggang. Meski begitu, wolfis standar tetap tak menerawang, sehingga masih layak untuk dipakai sebagai bahan kerudung atau busana muslimah.

  • Bahan yang tak mudah kusut

Bahan yang tidak mudah kusut adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki kain untuk hijab atau kerudung. Kain wolfis mampu memenuhi kriteria tersebut, sehingga tak butuh waktu lama untuk mendapatkan atensi dari pembuat kerudung maupun kaum Muslimah. Jadi, meski Anda termasuk orang yang aktif bergerak, kerudung atau busana berbahan wolfis akan tetap rapi dan tak mudah lecek saat dibersihkan dengan mesin cuci.

  • Permukaan berserat, tetapi tak licin

Bahan wolfis tak bisa Anda samakan dengan jersey. Pasalnya, walau mempunyai permukaan berserat, wolfis cenderung tak licin. Berbeda dengan jersey yang berserat sekaligus licin. Faktor ini pula yang membuatnya berbeda dengan sifon yang jarang serat sekaligus licin. Maka dari itu, untuk memeriksanya, Anda harus menyentuh sendiri bahan wolfis dan menekan-nekannya untuk merasakan serat kain pada permukaan kain.

  • Sejuk, tetapi tak menyerap keringat

Kain wolfis termasuk bahan yang tak mampu menyerap keringat, tetapi bukan berarti akan membuat Anda kegerahan. Justru kerudung atau busana berbahan wolfis tetap terasa sejuk, sehingga sangat cocok dikenakan di luar ruangan atau saat berada di tempat yang cenderung lembut. Hal tersebut menjadi keunggulan yang membuat wolfis semakin digemari, apalagi materialnya tidak menerawang seperti sifon.

  • Bobot kain yang cenderung ringan

Bahan-bahan berserat kerap diidentikan dengan bobotnya yang berat dan membuat pengguna kurang nyaman karena gerah. Namun, bahan wolfis cenderung ringan dan akan mudah jatuh ke permukaan kulit. Karakter ini pun hampir sama dengan sifon, tetapi bahan ini kadang membuat pengguna kepanasan. Anda juga tak perlu cemas, karena meski mudah jatuh, kain wolfis tak akan memperlihatkan lekuk tubuh saat dipakai sebagai bahan busana Muslim.

  • Kain mudah disetrika dan dilipat

Karakteristik terakhir yang membuat bahan wolfis digemari adalah mudah disetrika dan dilipat. Mengingat bahan ini tak setipis sifon, wolfis tak akan mudah rusak saat terkena panas setrika, sehingga Anda akan mudah merapikannya. Ketika dilipat pun bahan wolfis tidak memperlihatkan bekas lipatan atau kusut saat ditumpuk dengan jenis kain lain. Jadi, Anda bisa mengenakannya karena tak perlu disetrika ulang.

Itulah karakteristik yang membuat kain wolfis dicari sebagai bahan kerudung hingga busana Muslim. Apa Anda juga menyukainya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *