Berikut adalah dua orang India yang menginspirasi yang membuat negara ini bangga: –

1. Lahir dari keluarga Dalit Mahar, dia dianggap najis; tidak diizinkan beribadah di kuil; tidak diizinkan minum dari sumur yang sama, minum dari cangkir yang sama di warung teh atau memakai sepatu di hadapan kasta atas, dilarang mengenyam pendidikan dan sering dihina dan dianiaya oleh masyarakat kasta tinggi. Terlepas dari semua tantangan dan kesulitan, dia adalah ORANG PERTAMA dari kasta yang mendapatkan gelar sarjana di India. Dia kemudian menghadiri London School of Economics dan Columbia University di AS untuk studi lebih lanjut dan menjadi Menteri Hukum pertama pemerintah India pada tahun 1947.

Dia adalah seorang ahli hukum India, reformis sosial, politisi, orator, aktivis Buddha, penulis, filsuf, ekonom, sarjana dan editor yang memperjuangkan hak-hak kasta ‘tak tersentuh’, menentang diskriminasi sosial, memainkan peran penting dalam gerakan Kemerdekaan India, membeli reformasi tenaga kerja, memperjuangkan hak-hak perempuan dan memperkenalkan tunjangan pendidikan, tunjangan cuti, asuransi karyawan, dan cuti medis bagi pekerja. Ya, Anda menebaknya dengan benar … dia adalah Ayah dari Konstitusi India Bharat Ratna Dr. Bhimrao Ramji Ambedkar yang dikenal sebagai Babasaheb Ambedkar.

Mengapa dia seorang PAHLAWAN ?: – Dia memperkenalkan sistem reservasi pekerjaan untuk anggota ‘tak tersentuh’ yang sekarang dikenal sebagai kasta terjadwal dan suku terjadwal di sekolah, perguruan tinggi, dan layanan sipil yang menurutnya dia mendapat rasa hormat yang luas dari orang lain karena dibesarkan suara melawan ketidakadilan dengan orang-orang dari kelas terbelakang.

Pelajaran hidup- Berhenti memainkan permainan korban. Jadilah tuan atas takdir Anda.

2. Jauh di tahun 1970-an, bekerja di bidang yang didominasi pria seperti Indian Police Service (IPS) adalah tugas yang menantang, tetapi dia mematahkan stereotip dan mendapatkan tempat untuk dirinya sendiri dalam profesi yang tidak konvensional ini. Ya, dia adalah petugas IPS wanita pertama dan tertinggi dan orang India PERTAMA yang ditunjuk sebagai penasihat polisi sipil PBB di Departemen Operasi Penjaga Perdamaian Dr. Kiran Bedi.

Pada tahun 1972, Dr. Bedi bergabung dengan layanan IPS setelah itu dia menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal Polisi di Mizoram, Penasihat Letnan Gubernur di Chandigarh, Komisaris Lalu Lintas New Delhi, Inspektur Jenderal di Penjara Tihar dan Wakil Jenderal Biro Pengendalian Narkotika. Selama masa jabatannya lebih dari empat dekade, kontribusinya yang paling berharga adalah saat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Penjara Tihar Delhi (salah satu penjara terberat di Asia) di mana dia membeli beberapa reformasi untuk para tahanan termasuk meditasi musik, yoga, olahraga, doa. pendidikan di semua tingkatan, seni dan kerajinan, perayaan festival, pengobatan holistik dan perawatan anak-anak yang difasilitasi dengan penghargaan Raman Magsaysay pada tahun 1994.

Mengapa dia seorang PAHLAWAN ?: – Dalam karir tradisional yang didominasi pria, dia menghadapi tantangan besar ‘seperti ketidakpercayaan masyarakat, kepercayaan pada keterampilan kepemimpinan wanita, stres tinggi, ekspektasi budaya, dan banyak lagi; dia tidak hanya unggul dalam karirnya tetapi juga bergerak lebih cepat dari yang lain sehingga menjadi contoh bagi banyak wanita lain untuk diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *