Di Indonesia, peningkatan angka pebisnis online makin tinggi. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat mulai terbiasa melakukan kegiatan jual beli secara online. Karena kondisi pasar Indonesia yang makin terbuka ini, para pebisnis tentu ingin memaksimalkan  peluang mereka. Dalam menyusun strategi menembus pasar yang selalu berubah, market insight sangat dibutuhkan.

Apa Itu Market Insight?

Market Insight adalah data – data dan pengumpulan informasi seputar suatu pasar berdasarkan research yang dikumpulkan. Market research sendiri dilakukan dengan berbagai metode untuk mengamati dan menghasilkan data yang berguna bagi bisnis.

Kebanyakan perusahaan besar selalu berusaha mengumpulkan banyak market insight, demi menyusun strategi bisnis yang tepat. Strategi product development, marketing dan pengembangan usaha, semua perlu data dari market terlebih dahulu.

Contoh saja saat ingin mengembangkan produk baru. Untuk memastikan produk yang dikembangkan tepat sasaran dan laku keras, research perlu dilakukan. Data tentang selera pasar, peran produk di masyarakat dan juga potensi penetrasi market akan sangat penting. Perhitungan dan analisa data harus dilakukan dari berbagai faktor untuk mengurangi resiko kegagalan produk.

Manfaat Mengumpulkan Market Insight dalam Dunia Bisnis Online

Dari penjelasan di atas, Anda tentu bisa melihat bagaimana impact pengetahuan tentang market yang lebih akurat dalam bisnis online. Dalam dunia bisnis online, market yang diteliti tentu lebih luas. Semua orang bisa akses internet dan produk Anda bisa dilihat siapa saja yang membutuhkan.

Selain market yang lebih luas, persaingan juga makin sengit. Karena semua pengusaha lain juga bertemu di lapangan yang sama. Penjual online dari Bali dan penjual online dari Makassar bisa saja mentarget market yang sama. Karena di dunia online, batasan antara kedua penjual ini tidak ada dan mereka akan bersaing langsung. Jika dalam kondisi offline, mereka tentu tidak perlu memikirkan persaingan ini karena perbedaan wilayah.

Untuk menganalisa pasar di dunia online, banyak faktor yang berbeda dengan pasar offline. Dalam dunia maya, exposure akan memiliki peran penting. Semakin kuat tampilan dan identitas brand Anda di dunia online, makin mudah konsumen melihatnya. Karena hal itu, proses pengumpulan market insight disini harus melihat trend pasar dan arus geraknya.

Kebanyakan data yang dibutuhkan untuk bisnis online adalah efektivitas pemasaran dan juga mentarget market yang tepat. Jika bisa menyusun strategy jitu dalam hal ini, ada kemungkinan usaha Anda bisa viral. Dari banyak kasus, usaha yang viral akan berkembang lebih cepat dan memastikan nama brandnya terkenal di masyarakat.

Sebagai contoh saja beberapa waktu lalu hidangan kuliner mie pedas menjadi viral. Padahal bisnis ini hanya memusatkan pada promosi social media sebagai UKM. Tapi karena memiliki strategy marketing yang tepat, mereka jadi lebih terkenal daripada restoran hotel berbintang.

Mereka memilih strategy menantang para pengunjung untuk mencoba hidangan terpedas mereka. Jika mampu menghabiskan dalam durasi waktu yang ditentukan, mereka tidak perlu membayar hidangan tersebut. Hal ini menjadi booming dan akhirnya usaha menjadi lebih laku.

Butuh Bantuan Mengumpulkan Market Insight?

Walaupun penting dalam usaha online, pengumpulan data seputaran pasar online tidaklah mudah. Banyak resource harus digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data. Bagi UKM, hal ini pasti sangat sulit. Sebagai salah satu solusi, Anda bisa menggunakan jasa market research. Jasa ini menyediakan data – data market dan seputar bisnis yang bisa langsung Anda gunakan.

Salah satu penyedia ecommerce market insight yang baik untuk Indonesia adalah Compas.co.id. Perusahaan ini sudah melayani banyak brand besar dalam memberikan data seputar market online Indonesia. Jika ingin mengembangkan usaha online Anda lebih sukses, pastikan gunakan jasa market insight yang satu ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *