Program sponsor anak merupakan salah satu wujud nyata untuk mendukung terpenuhinya hak anak-anak yang ada di Indonesia. Program sponsor anak yang dijalankan oleh Wahana Visi Indonesia telah menyasar 52 wilayah yang ada di Indonesia dengan jumlah puluhan ribu anak.

Dalam pelaksanaannya, ada empat hak anak yang menjadi fokus utama dalam program sponsor anak. Yaitu hak pendidikan, hak kesehatan anak, hak perlindungan anak, dan penguatan ekonomi keluarga. Melalui empat fokus utama ini diharapkan hak-hak anak bisa terpenuhi dengan melibatkan individu-individu yang menjadi sponsor dari Indonesia maupun 11 negara lainnya. Lantas apa saja yang bisa didapatkan ketika Anda terlibat dalam program sponsor anak?

Yang Bisa Diperoleh Melalui Program Sponsor Anak

Inilah beberapa hal yang akan Anda peroleh jika terlibat sebagai sponsor dari program Wahana Visi Indonesia.

  • Paket selamat datang

Paket selamat datang berisi profil dan foto anak yang akan Anda sponsori. Selain itu, pada paket selamat datang juga terdapat informasi wilayah yang didampingi dan informasi terkait program sponsor anak.

Dalam waktu 120 hari, anak yang Anda sponsori akan mengirimkan surat perkenalan. Selama berkorespondensi dengan anak yang disponsori, Anda akan mendapatkan arahan dari WVI. Selain itu, Anda yang menjadi sponsor akan memperoleh akses ke portal resmi yang dibuat untuk para sponsor, yakni MYSPONSORHIP.

  • Selama perjalanan

Pada tahap selanjutnya, seorang sponsor akan menerima laporan tahunan anak yang disponsori. Dengan begitu, Anda sebagai pihak sponsor mengetahui perkembangan dan pencapaian anak yang Anda beri dukungan. Yang lebih menarik adalah perjalanan untuk menemui anak yang Anda sponsori. Bahkan Anda bisa terus terhubung dengan anak yang Anda sponsori melalui e-newsletter yang dikirimkan oleh pihak WVI setiap bulannya.

  • Momen spesial

Pada momen-momen spesial seperti ulang tahun, hari raya, hingga kenaikan kelas, Anda dapat mengirimkan surat beserta hadiah untuk anak yang Anda sponsori. Satu kali dalam setahun, Anda bisa mengirimkan hadiah berupa barang maupun uang untuk anak maupun masyarakat di wilayah yang Anda sponsori.

Durasi dan Sistem Program Sponsor Anak

Untuk mewujudkan hak anak-anak di Indonesia, WVI menerapkan sistem transparansi dan akuntabilitas. Secara rutin dilakukan audit oleh auditor internal maupun eksternal sebagai bentuk pertanggungjawaban dari program sponsor anak.

Di Indonesia sendiri terdapat 9.000 lebih sponsor yang bergabung dalam program ini. Jumlah bantuan 200.000 per bulan tidak disalurkan dalam bentuk uang untuk anak-anak yang Anda sponsori, melainkan dalam bentuk program jangka panjang untuk memberikan perubahan dalam kehidupan anak dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Sementara durasi program ini tergantung pada kondisi anak yang Anda sponsori. Meski begitu terdapat beberapa kondisi yang bisa mengakibatkan sponsor berakhir, yakni anak sudah lulus SMA dan pindah bersama keluarga, dan penutupan wilayah layanan.

Manfaat Program Sponsor Anak

Melalui program sponsor anak Wahana Visi Indonesia diharapkan semakin banyak anak-anak di berbagai wilayah Indonesia yang terpenuhi haknya. Terutama untuk hak pendidikan, kesehatan, perlindungan pada anak dan penguatan ekonomi keluarga. Melalui program ini pula, diharapkan mampu menekan jumlah kekerasan yang terjadi pada anak, baik kekerasan fisik, psikis, maupun seksual.

Nah bagi Anda yang ingin berpartisipasi untuk memenuhi hak anak dan mewujudkan masa depan yang lebih terjamin bagi anak-anak di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan program sponsor anak WVI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *